polres sukabumi kota

Laman

jjj

SEKSI TEKNOLOGI DAN INFORMASI POLRES SUKABUMI KOTA

Selasa, 24 Januari 2012

POLRES SUKABUMI KOTA GELAR APEL BESAR RSPA TINGKAT KOTA SUKABUMI



SUKABUMI KOTA – Jajaran Satuan Lalu lintas (Sat Lantas) Polres Sukabumi Kota bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, hari Sabtu, 21 Januari 2012.
melaksanakan kegiatan Apel Besar
Road Safety Partnership Action (RSPA) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2012, acara tersebut merupakan salah satu kegiatan dari berbagai rencana kegiatan yang telah direncanakan  sebagai realisasi dari reformasi birokrasi Polri Gelombang II Tahun 2011-2014. Demikian disampaikan Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., saat memberi sambutan pada Apel Besar RSPA Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2012.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Witnu Urip Laksana S.iK  dan unsur Forum Pimpinan Daerah lainnya, para pejabat utama Polres Sukabumi Kota, para Kepala Dinas dan Instansi terkait, tokoh masyarakat, alim ulama, pemuda dan undangan lainnya.
“Tujuan RSPA ini untuk pemerhati Lalu Lintas, Komunitas Masyarakat seperti Organda, pelajar, mahasiswa, Ormas, PKS, Saka Bhayangkara dan masyarakat tidak terorganisir yaitu tukang ojeg, tukang parkir dan tukang becak, sehingga mempunyai pemahaman dan tekad untuk menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu lintas,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Witnu Urip Laksana, S.iK kemarin.
Dalam Kerangka Revitalisasi Polri yang dimulai dengan diletakannya Grand Strategi Polri tahun 2005 sampai 2025, Reformasi Birokrasi Polri dan Struktur Organisasi Polri yang baru, salah satunya Road Map dari Revitalisasi tersebut adalah Terobosan Kreatif (creative breakthrough) yang merupakan komitmen revitalisasi dan merupakan kerangka penyusunan program reformasi birokrasi Polri Gelombang II.
Adapun bidang pembahasan dalam RBP II yaitu Organisasi, Tata Laksana, Peraturan Perundang-undangan dan Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik, Mind Set dan Culture Set Aparatur.Bidang Lalu Lintas untuk program Quick Wins Reformasi Birokrasi Polri II khususnya pelayanan publik maka telah diupayakan peningkatan pelayanan SIM, STNK, BPKB dan TNKB (plat nomor) dan Aksi Kerjasama Keselamatan di Jalan Raya (Road Safety Partnership Action). “Alasan dilaksanakannya program antara lain guna mengurangi penyimpangan, pelanggaran dan mempercepat proses pengurusan SIM, STNK, BPKB dan TNKB serta guna lebih meningkatkan kepatuhan / ketaatan masyarakat pengguna jalan dalam berlalu lintas sehingga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran kemacetan dan jumlah serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Kapolres Sukabumi Kota.
Dikatakannya, sebagaimana diketahui bersama, bahwa pada tanggal 18 November 2011, dalam rangka peringatan se dunia untuk korban kecelakaan lalu lintas atau world day of rememberance for road traffic victims, bahwa Indonesia merupakan negara dengan korban kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang sangat tinggi. Adapun data Laka lantas di Indonesia, pada tahun 2011 mencapai 106.129 kejadian. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia mencapai 30.629 orang, korban luka berat 35.787 orang, korban luka ringan 107.281 orang, dan kerugian materi mencapai 278 milyar 432 juta 383 ribu 189 rupiah.
Sementara untuk di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, pada tahun 2011 mencapai 197 kejadian, dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 56 orang, korban luka berat 21 orang, korban luka ringan 249 orang, dan kerugian materi mencapai 369 juta 350 ribu rupiah.
Kasat lantas Polres Sukabumi Kota AKP Asep Saepudin S.Pd, MH, mengatakan usai, kegiatan diisi dengan berbagai macam kesenian yang dirangkai dengan menggambarkan solidaritas kemitraan para pemangku kepentingan jalan antara lain Parade Polisi Sahabat Anak (PSA) dari perwakilan TK/RA se-Kota/Kab Sukabumi.
Marching Band dari SMP Daarul Falah Cisaat, Penanganan Laka Lantas Terpadu antara Polantas, PT. Jasa Raharja, Dinas Kesehatan dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SD CBM Sriwedari Sukabumi, Free Style dari Club Motor KTT salah satu anggota Komunitas Otomotif Sukabumi (KOS) dan Safety Riding Moge PJR Ditlantas Polda Jabar, Rampak Gendang PKS SD CBM Pakujajar dan senam PKS SDN Sukamanah 3 Cisaat, Rampak Jaipong Kemitraan diikuti perwakilan 15 Komunitas serta Kabaret dengan judul “Dilema Tugas Seorang Polantas”.
Dalam rangkaian Apel Besar tersebut dilaksanakan penandatanganan Prasasti Peresmian Kantor Pelayanan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas Terpadu yang kantornya terletak di Jalan Kabandungan (Eks Polsek Gunung Puyuh) fungsinya yaitu untuk mensinergikan Unit Laka Lantas, PT Jasa Raharja (Persero) dan Dinas Kesehatan dalam melayani dan menangani masyarakat yang terlibat kecelakaan lalu lintas sehingga dapat terlayani dengan mudah, cepat dan akuntabel.” Kegiatan lain dalam Apel Besar tersebut adalah Pembacaan Ikrar bersama dari seluruh Komunitas dan organisasi masyarakat guna mendukung PRBP Gel. II bidang Lalu Lintas, menjadi Duta Tertib Lalu Lintas sehingga diharapkan dapat menjadi Pelopor dan Tauladan bagi para pengguna jalan lainnya sehingga dapat terwujudnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas demi terciptanya masyarakat yang Bertaqwa, Cerdas dan Sejahtera,” tandas Asep. ( H. Mrf )


Laporan Panitia Apel Besar Road Safety Partnership Action (RSPA) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2012 Kasat lantas Polres Sukabumi Kota AKP Asep Saepudin S.Pd, MH.  kepada Inspektur Upacara Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si.


Perwakilan peserta Upacara menghadap Inspektur Upacara Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si.


Penyematan PIN oleh  Inspektur Upacara Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si.





Kapolres Sukabumi Kota AKBP Witnu Urip Laksana, S.iK berjabatan tangan dengan Inspektur Upacara Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar